Penting! Ketahui Cara Penyebaran dan Pencegahan Dari Virus Corona - TUGAS PEMBELAJARAN ONLINE
Kamu sedang mengunjungi kuncadipuncak.blogspot.com

Minggu, 05 April 2020

Penting! Ketahui Cara Penyebaran dan Pencegahan Dari Virus Corona


Jumlah pasien Corona (Covid-19) semakin meningkat terutama di Indonesia. Adanya virus ini memang sangat meresahkan karena memakan korban jiwa. Di Indonesia sejauh ini yang positif terkena ada 369 kasus. Maka ada baiknya kamu mengetahui bagaimana penyebaran Corona agar kamu bisa mencegahnya.

Cara Penyebaran Corona

WHO (World Health Organization) mengatakan bahwa penyebaran Corona tetesan kecil dari mulut dan hidung. WHO juga menambahkan belum ada bukti bahwa Corona ini dapat menular melalui udara. Meskipun begitu, virus tersebut akan bertahan pada permukaan-permukaan seperti kursi, meja atau lantai. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit flu atau bersin untuk menggunakan masker agar mencegah penyebaran Corona di ruang umum.
WHO (World Health Organization) menjelaskan gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyebaran Corona sendiri adalah demam, rasa lelah dan batuk kering. Gejala berikut merupakan gejala awal, selanjutnya bila lebih parah, penderita akan merasakan hidung tersumbat dan berair.

Pencegahan Penyebaran Corona (Covid-19)

Kalau kita sudah mengenali cara penyebaran dan gejalanya mari kita ketahui juga pencegahannya. Sangat dianjurkan untuk tidak terlalu panik untuk mengatasinya. Hal yang penting dilakukan adalah menjaga kebersihan. Berikut 4 hal bisa kamu lakukan:

1. Mencuci Tangan

Memang terlihat sepele namun tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh sesuatu. Hal tersebut menyebabkan banyak bakteri atau virus yang menempel di tangan. Untuk itu sering mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membersihkan bakteri dan virus yang menempel.

2. Tutupi Mulut Jika Sakit

Karena penyebaran corona melalui tetesan kecil dari mulut maka sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit untuk menutup mulut dengan masker. Terlebih lagi saat sedang batuk agar tidak membuat orang lain tertular.

3. Berdiam di Rumah

Sudah banyak negara yang menghimbau masyarakatnya untuk berdiam di rumah untuk melakukan social distancing. Bahkan negara seperti Cina, Itali dan Rusia sudah melakukan lockdown atau penutupan negara. Hal ini membantu memperlambat penyebaran Corona karena semakin sedikit interaksi manusia, semakin kecil kemungkinan tertular penyakit ini.
Berdiam di rumah pun membantu tenaga medis untuk beristirahat karena dapat menekan angka kasus positif Corona. Walaupun Indonesia belum termasuk negara yang sudah menjalani lockdown namun pemerintah sudah memberi himbauan agar masyarakat berdiam di rumah. Hal ini pula yang menybabkan banyak perusahaan akhirnya mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah.
Kalau kamu bagaimana? Sudah cuci tangan dan berdiam di rumah? Tapi berdiam di rumah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar